Kesegaran Kebun Teh dan Hutan Pinus Kabupaten Batang


Kali ini saya sedikit mengulas tentang beberapa primadona wisata yang ada di daerah Kabupaten Batang. Kabupaten Batang terletak di sebelah timur Kotamadya Pekalongan. Beberapa potensi yang sudah sering kalian dengar mungkin adalah Kebun Teh Pagilaran dan Wisata Sikembang.

KEBUN TEH PAGILARAN
Agrowisata Kebun Teh Pagilaran terletak di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari alun-alun Kabupaten Batang. Akses menuju kebun teh ini sangat mudah karena sudah banyak petunjuk jalan yang bisa menjadi panduan kalian untuk bisa sampai ke tempat ini. Jalan menuju kebun teh tersebut juga sudah bagus. 
Hamparan kebun teh yang menyejukkan mata.
Kebun Teh ini juga terletak di dataran tinggi, sekitar 1000 mdpl. Perkebunan Teh ini didirikan oleh Perusahaan Belanda pada tahun 1880. Pada tahun 1922, perkebunan ini bergabung dengan PT Pemanukan dan Tjiasem Land setelah dibeli oleh Pemerintah Inggris. Setelah hak guna usahanya habis pada tahun 1964, Pemerintah Indonesia menyerahkan pengelolaan Perkebunan Teh ini ke Fakultas Pertanian UGM lalu dijadikan PN Pagilaran sebelum akhirnya menjadi Persero.
Seger banget pokoknya.
Kebun Teh Pagilaran merupakan salah satu kebun teh yang ada di daerah sekitar Pekalongan. Di kebun teh ini kalian bisa melihat proses pengolahan teh dari proses pemetikan sampai siap minum. Selain itu kalian disini juga terdapat camp ground dan juga area outbond yang bisa kalian gunakan untuk aktivitas outdoor. Bagi kalian yang tidak mau riber, disini juga disediakan homestay serta villa untuk berkumpul dengan keluarga. Disini juga terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman yang bisa kalian nikmati. Menurut saya, teh Pagilaran merupakan teh terbaik yang pernah saya minum hehe.

OBYEK WISATA SIKEMBANG
Satu lagi obyek wisata di daerah Batang yang lagi hits adalah Obyek Wisata Sikembang. Obyek Wisata ini terletak di Desa Kembang Langit, Blado, Kabupaten Batang. Untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah. Dari alun-alun Batang kalian menuju ke arah Kecamatan Bandar. Setelah menemukan pasar Bandar, kalian tinggal mengikuti jalan ke arah selatan sampai menemukan Pondok Pesantren Tazakka. Ambil jalan ke arah Batur (ada papan penunjuk arahnya hehe). Ikuti jalan naik turun dan berkelok tersebut. Wisata Sikembang ada di sebelah timur jalan.
Ini bukan Kebun Raya Bogor Lho ya.
Wisata Sikembang merupakan kawasan Hutan Pinus yang sudah dimodifikasi dengan beberapa fasilitas tambahan untuk mempercantik kawasan tersebut. Ada tower hammock, ada gardu pandang, ada payung-payung yang digantung, flying fox, dan masih banyak lagi. Akses yang mudah dan berada di jalan utama Bandar-Batur menjadikan tempat ini ramai dikunjungi pada saat weekend, entah oleh warga sekitar atau wisatawan dari luar kota.
Jalannya berkelok-kelok hehe
Bunga diatas bunga hehehe

Pokoke Joss!! 
Mungkin itu sedikit ulasan tempat wisata di daerah Kabupaten Batang yang bisa kalian kunjungi. Ingat, kemanapun kalian berkunjung jagalah kebersihan tempat tersebut.  

1 Comments